ADS LEVEL PAGE PERTOLONGAN PADA LUKA BAKAR SECARA PROFESIONAL | PERTOLONGAN LUKA BAKAR SECARA PROFESIONAL
HEADER 336x280
responsive

PERTOLONGAN PADA LUKA BAKAR SECARA PROFESIONAL

ADSENSE IN ARTICLE AD
ADSENSE 336x280 bawah judul
 KLINIK PERDITA
 luka bakar
Pengertian 
 merupakan luka yg disebabkan akibat kontaksi antara kulit dengan benda/zat panas  seperti air panas(air memdidih), api, dll.



JENIS LUKA BAKAR
1. Luka bakar api

Luka bakar api disebabkan oleh terjadinya kontak bagian tubuh dengan api. Luka bakar api juga dapat diartikan kontak dengan benda-benda padat yang panas seperti penggorengan atau strika. Tingkat keparahannya tergantung seberapa lama kontak tubuh dengan penyebabnya.

2. Luka bakar air panas

Luka bakar air panas disebabkan oleh terjadinya kontak bagian tubuh dengan air panas, minyak panas, dan cairan panas lainnya. Tingkat keparahannya tergantung pada seberapa lama kontak tubuh dengan penyebabnya, serta suhu dari cairan panas, dan viskositas atau kekentalan dari cairan panasnya. Semakin kental maka akan semakin parah menyebabkan luka bakar.

3. Luka bakar kimia

Luka bakar kimia terjadi saat adanya kontak bagian tubuh dengan bahan-bahan kimia yang bersifat keras, seperti basa keras dan asam keras. Bahan-bahan kimia ini akan membuat sensasi panas pada bagian tubuh yang terkena dan lama kelaman akan muncul tanda-tanda kerusakan pada jaringan.

4. Luka bakar listrik

Luka bakar listrik diakibatkan oleh adanya kontak bagian tubuh dengan aliran listrik. Terkadang ketika orang terkena aliran listrik dengan tegangan tinggi seperti petir dapat langsung menyebabkan kematian. Namun jika masih dapat ditanggulangi, gelaja yang terlihat adalah kerusakan jaringan pada bagian tubuh yang melakukan kontak dengan aliran listrik.

5. Luka bakar radiasi

Luka bakar radiasi disebabkan oleh paparan sinar atau gelombang yang bersifat panas. Sunburn atau terbakar matahari adalah contoh dari luka bakar radiasi. Selain itu alat-alat yang memiliki radiasi tinggi juga berpotensi menyebabkan luka bakar radiasi, seperti alat terapi kanker.



Metode dan cara pertolongan luka bakar tergantung pada beberapa hal, yang pertama adalah tingkat keparahan atau kedalaman luka, yang kedua tingkat luasnya luka bakar yang dialami oleh penderita, dan yang ketiga adalah kondisi umum penderita seperti bagaimana tanda-tanda vital nya.
Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Perawatan Luka Bakar

Sebelum kita bahas lebih lanjut masalah cara penanganan luka bakar, terlebih dahulu anda harus memahami derajat luka bakar, kulit kita memiliki tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan sub kutan atau Hipodermis. 

Kulit memiliki peran dan fungsi sebagai pertahanan tubuh paling luar dan melindungi dari berbagai macam bahaya dan infeksi, selain itu kulit juga bertindak sebagai pengatur suhu tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolik.

Jika terjadi luka, maka peran dan fungsi kulit dapat terganggu. Nah Tujuan dari mengetahui tingkat lapisan kulit adalah biar kita bisa mengukur seberapa dalam atau luas luka bakar yang terjadi sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat. Klasifikasi ada di bawah ini

Derajat Luka bakar

Berikut ini pembahasan mengenai derajat luka bakar berdasarkan tingkat kedalaman luka yaitu:

Luka bakar derajat 1 atau luka bakar Ringan

Luka bakar ringan, atau hanya mengenai kulit bagian apidermis, biasanya ditandai dengan kui memerah, adanya sedikit pembengkakan, rasa sakit dan perih terlebih saat disentuh, jika luka bakar jenis ini cukup hanya mendapat perawatan dan pertolongan luka bakar di rumah saja, terkeculi jika terjadi pada daerah yang luas. 

Luka bakar Derajad dua atau luka bakar sedang.

Luka bakar yang ditandai dengan nyeri hebat, karena luka lebih dalam dari pada derajat 1 diatas, atau pada tingkat hipodermia, sel saraf ada pada bagian kulit ini, karena itulah biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang sangat. Luka bakar derajat dua di tandai dengan kulit melepuh, muncul gelembung dan keluar banyak cairan bening, kemrahan, berak-bercak merah dan adanya nyeri hebat.

Anda bisa memilih untuk merawat dirumah, asalkan diameter luka bakar yang terjadi tidak lebih dari 5 cm, atau jika luka bukan terjadi pada organ-organ berikut : Pada wajah, selangkangan dan kemaluan, seluruh Lingkar kaki dan tangan, Bagian Pantat atau pada bagian persendian. Jika terjadi di daerah tersebut harus medapat perawatan medis.

Luka Bakar derajat tiga atau luka bakar serius

Luka bakar yang terjadi pada kulit yang lebih dalam atau seluruh lapisan kulit, bahkan terkadang sampai kejaringan otot dan tulang. ini merupakan jenis luka bakar yang paling serius dan harus mendapatkan perawatan dirumah sakit.

Pertolongan pertama Luka bakar

  • Jangan panik, segera jauhkan korban dari sumber penyebab luka bakar, jika luka karena api atau Akibat semburan air panas segera jauhkan dari penyebab.
  • Jika luka bakar akibat tersengat aliran listrik atau kesetrum, pastikan aliran listri telah terputus, atau segera putuskan / hentikan arus listrik sebelum anda memberikan pertolongan.
  • Jika masih ada baju sebaiknya baju korban dibuka terlebih dahulu, biar tidak menempel pada luka
  • Siram Dengan Menggunakan air yang mengalir dan air bersih.
  • Jika diameter luka bakar hanya berukuran kecil, dan hanya mengenai bagian lapisan kulit epidermis atau bagian luar dari kulit, cukup siram dengan air mengalir selama beberapa menit dan setelah itu olesi dengan salep khusus untuk luka bakar. 
  • Jika muncul gelembung air, yang didalam nya ada seperti cairan, jangan sesekali mencoba untuk memecahkannya
  • Apabila terjadi luka bakar parah dan menunjukkan gejala kesadaran korban menurun maka segeralah bawa kerumah sakit, namun jika ada tanda-tanda henti jantung dan paru/pernafasan, maka segera lakukan RJP / pijat jantung. ini harus anda berikan pertolongan segera ditempat sebelum anda bawa kerumah sakit Setiap menitnya sangat berharga bagi korban, Lakukan pijat jantung dan bantuan pernafasan melalui mulut kemulut, atau melalui mulut ke hidung jika melalui mulut tidak memungkinkan.

Yang perlu diperhatikan dalam Pertolongan Luka Bakar


  • Jika luka bakar terjadi pada daerah muka, leher, persendian,dan dada maka segera bawa kerumah sakit, karena mempunyai kemungkinan untuk mempengaruhi sistem pernafasan korban. Begitu juga luka bakar yang terjadi di daerah Kemaluan dan Persendian.
  • Penanganan Luka Bakar dengan mengoleskan odol, minyak, mentega, atau kecap sebenarnya kurang tepat. Sebaiknya jangan dilakukan.
  • Jika Diameter luka bakar melebihi 1 telapak tangan, maka kemungkinan harus mendapatkan pertolongan medis, segera setelah mendapat pertolongan seperti diatas langsung larikan kerumah sakit.
  • Semakin luas persentase luka bakar, atau semakin luas diameter luka maka semakin banyak cairan tubuh yang dikeluarkan.
  • Jika ada korban akibat konsleting listrik, pastikan untuk memutuskan aliran listrik sebelum  anda memberikan pertolongan.
  • Prinsip pertolongan pertama pada luka bakar diatas hanya tepat untuk diberikan pada korban luka bakar ringan, Namun untuk luka bakar sedang dan berat setelah melalukan prosedur diatas segera rujuk kerumah sakit

    jenis luka bakar

    Berdasarkan derajat keparahan (luas luka dan kedalaman), luka bakar dapat dibagi menjadi luka bakar ringan, sedang dan berat. Luka bakar luas dan dalam, yang mengenai alat kelamin, sendi utama tubuh, telapak tangan dan kaki, daerah muka serta terdapat kecurigaan adanya panas yang terhirup ke saluran pernapasan atau pencernaan tergolong luka bakar berat. Luka bakar berat membutuhkan perawatan di rumah sakit sehingga orangtua harus membawa anak ke rumah sakit. Lebih dari 95% luka bakar yang terjadi di rumah, tergolong ringan dan sedang. Luka bakar jenis ini memiliki luas luka bakar kurang dari 10% (luas luka bakar 1% sama dengan luas permukaan telapak tangan anak) dengan karakteristik luka mulai dari kemerahan hingga terbentuk bula (gambar 1 dan 2).
    luka bakar 1
    luka bakar 1
    Gambar 1. Luka bakar ringan.  Luka bakar superfisial yang tidak luas. Luka tampak kemerahan yang memucat bila ditekan.

    luka bakar 2.jpg
    luka bakar 2.jpg

    luka bakar 3
    luka bakar 3
















    Gambar 2. Luka bakar sedang. Luka dengan karakteristik berupa bula dengan dasar pucat atau kemerahan.
    Perawatan luka bakar ringan (superfisial dan terlokalisir) dapat dilakukan di rumah dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit. Sementara itu untuk luka bakar sedang, orangtua tetap perlu membawa anak ke dokter untuk mendapat evaluasi dan penilaian luka dari dokter namun perawatan luka selanjutnya dapat dilakukan di rumah.


Cara penanganan :

Luka bakar kena listrik : matikan sumber listrik, Jika tidak memungkinkan matikan listrik pakai benda yang tidak menghantarkan arus listrik, cek keadaan korban,& ke rs

Luka bakar kimia : penolong harus harus pakai pelindung diri, kalo cair disiram pakai air, klo bubuk di sapukan  lalu berobat ke klinik atau rs.

Luka bakar api    : padam kan api dengan air, Tutup selimut basah, klo api besar suruh berguling di tanah dg tetrtutup kain basah. Lalu ke rs,
Luka  bakar air panasjangan pakai odol/mentega karena bisa iritasi, Alirkan di bawah air mengalir untuk perpindahan kalornya. apabila terbentuk bula jaga dulu, perawatan luka jenis ini ialah perawatan luka terbuka dengan terus menjaga sterilitas mengingat luka jenis ini amat sangat mudah terinfeksi

KLINIK PERDITA ( HOMECARE/KUNJUNGAN RUMAH & PERAWATAN LUKA MODERN ) BANDUNG
ALAMAT   : Jalan Cilengkrang 1 Bandung
Kontak        : 087885527598
WEBSITE  :KLINIKPERDITA.COM

 

 




 

ADSENSE 336x280 bawah artikel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERTOLONGAN PADA LUKA BAKAR SECARA PROFESIONAL"

Posting Komentar

FLOATING ADS